Aceh Tamiang : Jum'at (27/11/20) sekira pukul 10.00 wib bertempat di Aula Kantor Camat Karang Baru, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn memimpin Rapat Rutin Pemerintahan Kampung dengan menghadirkan 50 (lima puluh) orang Datok Penghulu dan Mukim dari 2 (dua) Kecamatan Karang Baru dan Sekerak.

Membuka Rapat, Bupati Mursil mengatakan kedepan tantangan semakin berat seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat.

“Kita sebagai perangkat Pemerintahan Daerah harus siap untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih prima dan maksimal”, ujarnya .

Disamping itu juga, Bupati Mursil berpesan kepada instansi terkait agar bisa melibatkan para Datok Penghulu dan Perangkat Kampung dalam pelatihan-pelatihan sehingga Pemerintahan Kampung bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini”, harapnya.

Bupati Mursil turut menginformasikan, masa yang akan datang surat-menyurat akan dilakukan secara elektronik dengan tujuan memudahkan serta meringkaskan waktu dan biaya bagi masyarakat dalam pengurusan surat-menyurat tersebut.

Informasi penting lainnya juga disampaikan oleh Bupati Mursil. Ia mengatakan saat ini tengah di bahas SIPD dimana perencanaan terkait pembangunan semuanya tercatat dalam sistem.

"Baiknya ada SIPD ini yaitu bisa menjamin bahwa kedepannya takkan ada lagi penumpang-penumpang gelap dipengganggaran pembangunan karena semua telah terintegrasi dalam sistem. Saat ini juga kita tengah membahas terkait usulan menaikkan gaji Datok Penghulu di Aceh Tamiang. Seperti kita ketahui bahwa pada tahun ini dan tahun depan begitu banyak anggaran yang di pangkas untuk penanganan pandemi Covid 19. Sehingga sangat banyak program-program pembangunan kita yang tertunda. Tetapi kedepan Pemerintah Pusat telah merencanakan berbagai program untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ini tantangan bagi para Datok Penghulu untuk bisa mengaturnya dimasyarakat. Jangan sampai program-program yang direncanakan Pemerintah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat ini malah menjadi polemik masyarakat. Untuk itu perlu sinergitas kita bersama dalam menghadapi pandemi ini”,terang Bupati Mursil.

Selanjutnya kegiatan di isi dengan tanya jawab Bupati Aceh Tamiang dengan para Datok Penghulu dan Mukim Kecamatan Karang Baru dan Kecamatan Sekerak.

Sebelumnya kegiatan diawali dengan laporan kegiatan oleh Camat Karang Baru. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan rapat rutin kali ini diikuti oleh 31 Datok Penghulu dan 3 Mukim dari Kecamatan Karang Baru serta 14 Datok Penghulu dan 4 Mukim Kecamatan Sekrak.

"Kegiatan ini sangat penting bagi kita semua agar terjalin komunikasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Kampung”, ungkap Camat.