Aceh Tamiang: Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH selaku Pembina TP-PKK Kabupaten di dampingi Ibu TP-PKK Kabupaten Zuraidah Meurah, melakukan peninjauan langsung ke Kampung Lhok Medang Ara Kecamatan Manyak Payed, Jum'at (21/7/23) sore.

Peninjauan dilakukan untuk melakukan pembinaan dan memonitoring kader-kader TP- PKK Kampung tersebut untuk mewakili Aceh Tamiang di tingkat provinsi sebagai Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) yang ditetapkan langsung melalui SK Gubernur Aceh.

Berbeda dengan tahun-tahun yang sudah, tahun 2023 ini penobatan Gammawar berfokus pada stunting yang telah menjadi isu nasional dan harus menjadi perhatian bersama.

Ditetapkan Kampung Lhok Medang Ara, karena telah berhasil menurunkan angka stunting di wilayahnya, dari yang tercatat 47 kasus anak stunting menjadi 28 kasus.

"Tentunya itu menjadi awal mula yang sangat baik, dan diharapkan angka tersebut dapat terus menurun dengan gerakan dan aksi yang dijalankan oleh Tim TP-PKK Kabupaten, Kecamatan dan Kampung", terang Sekretaris TP-PKK ketika diwawancarai.

Kunjungan Pembina dan leading sektor lainnya guna penguatan Gammawar dimana pembinaan stunting ini akan dilakukan pada akhir Juli sampai awal Agustus mendatang.
Terpilihnya Kampung Lhok Medang Ara sebagai Kampung Gammawar yang mewakili Kabupaten Aceh Tamiang di tingkat Provinsi ini sudah melalui penilaian yang matang dan menyeluruh menurut dengan angka stunting yang tinggi untuk wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.