Aceh Tamiang – Humas: Jum’at (05/04/19) Dalam memeriahkan HUT Kabupaten Aceh Tamiang ke 17, Pemerintah Daerah membuat serangkaian kegiatan menyambut HUT. Salah satunya adalah Lomba Videografis Kilas Balik Aceh Tamiang yang bertema "Aceh Tamiang Kemarin, Hari Ini dan Aceh Tamiang Masa Depan". Perlombaan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian telah berlangsung sejak awal Maret lalu dengan batas akhir penyerahan hasil video tepat tanggal 01 April 2019. Lomba Videografis tersebut hanya boleh diikuti oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Untuk menentukan hasil videografis yang dilombakan, Dinas Kominfo & Persandian mulai melakukan penilaian sejak sore tadi. Penilaian video dilakukan di Aula Dinas Kominfosa Aceh Tamiang pada pukul 20.30 wib dan dihadiri oleh Kepala Dinas dan Para Kepala Bidang Komunikasi, Informasi dan Persandian Kab. Aceh Tamiang, Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tamiang serta kelompok peserta yang berasal dari 19 KIM.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan Lembaga Layanan Publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat. Di mana KIM dibentuk di perdesaan yang beranggoakan 3 (tiga) sampai dengan 30 (tiga puluh orang) orang. Adapun fungsi dari KIM yaitu sebagai sarana peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi.

Sedangkan tugas KIM yaitu tercipta media komunikasi dua arah antar masyarakat, maupun masyarakat dengan Pemerintah serta menghubungkan antar kelompok masyarakat guna mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.

Dalam sambutan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Amiruddin Y, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum pembentukan KIM di kampung-kampung yang ada dalam Kabupaten Aceh Tamiang, serta menjadi wahana bagi insan muda kreatif yang mempunyai hobi di bidang audio visual.

Setelah dinilai, pemenang nantinya akan diumumkan pada tanggal 10 April dan langsung ditayangkan pada malam resepsi atau pembukaan Expo Kabupaten Aceh Tamiang. Sedangkan untuk kedepannya beliau mengatakan akan melakukan pembinaan kepada KIM yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. [ck]