Aceh Tamiang – Humas: Pentas PAI Tingkat Nasional baru saja usai. Perhelatan nasional yang berlangsung di Asrama Haji Sudiang, Makassar pada 09-14 Oktober kemarin diikuti seluruh Provinsi di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Aceh Tamiang sebagai salah satu Kabupaten yang turut mewakili Aceh dalam 2 (dua) Cabang perlombaan yaitu MTQ dan Cerdas Cermat tingkat SD.

Kontingen Kabupaten Aceh Tamiang yang mewakili Aceh, meraih Juara dalam dua perlombaan yang diikuti, yaitu juara 1 MTQ Tingkat SD atas nama Haura Faradisa berasal dari SD Negeri Lubuk Batil – Bendahara, dan juara Harapan 1 Cerdas Cermat yaitu M. Alif Prawira, M. Abdul Fatin Syahputra dan M. Azka Hawari yang berasal dari SD Negeri 1 Karang Baru, masing mendapatkan hadiah berupa sertifikat, piagam dan uang tunai.

Keterangan ini disampaikan oleh Abdul Aziz, Seksi Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, ketika bersilaturrahim serta melaporkan capaian hasil Pentas PAI tersebut kepada Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., di ruang kerjanya, Senin (21/10/19) sekira pukul 14.00 WIB.

Di hadapan Bupati Mursil, para siswa/i serta pendamping dan orang tua mereka, Abdul Aziz mengatakan, Kakan Kemenag akan memberikan penghargaan bagi siswa/i berprestasi di Tingkat Nasional pada tanggal 03 Januari 2020 mendatang. Ini bertepatan dengan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, dan wujud apresiasi karena berhasil mengharumkan nama daerah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mursil menyerahkan bingkisan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang kepada siswa/i berprestasi tersebut. Nantinya pada saat Acara Hari Aksara Internasional Bupati akan memperkenalkan para siswa/i berprestasi tersebut kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Bupati mengingatkan, kepada siswa/i tersebut agar jangan berpuas diri, namun jaga dan pertahankan prestasi tersebut, serta teruslah belajar karena belajar itu tidak ada batasnya. Dijelaskan Bupati, betapa pentingnya ilmu Agama dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membentuk pribadi yang berakhlakul kharimah yang baik.

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional IX Tahun 2019 yang dilangsungkan di Asrama Haji Sudiang, Makassar Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu yakni 09-14 Oktober 2019, dengan mengusung tema “Keberanian Generasi Milineal yang Moderat” berlangsung sukses.

Sementara itu, maskot Pentas PAI tingkat Nasional IX adalah ayam jantan, yang mana ayam jantan merupakan julukan Sultan Hasanuddin dari pihak penjajah kolonial Belanda.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten, serta wali murid dari siswa/i berprestasi. [th/ck]