Aceh Tamiang: lomba bercerita penting. Begitu tegas Sekretaris Daerah, Drs. Asra, saat membuka Lomba Bercerita SD/MI tingkat Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2023, Selasa (8/8/23), di serambi Kantor Perpustakaan Daerah setempat.

“Lomba bercerita penting bagi anak-anak kita. Jangan anggap sepele lomba bercerita ini. Karena bercerita adalah salah satu cara penyampaian pengetahuan, ilmu, dan pendapat anak. Ini adalah seni meyakinkan orang lain agar percaya pada kita”, tegas Sekda memulai arahannya.

Dikatakan Sekda, banyak orang yang memiliki keilmuan yang cukup tapi kadang tidak memiliki kecakapan saat menyampaikannya. Akibatnya, ilmunya tidak dapat ditransfer dengan optimal. Di sisi lain, tukasnya, bercerita memang membutuhkan kecukupan literasi agar cerita yang disampaikan dapat disampaikan dengan baik.

“Banyak orang memiliki pengetahuan yang banyak, akan tetapi tidak mampu untuk menyampaikannya ataupun mentransfer pengetahuannya dengan bercerita. Melalui lomba ini semoga anak-anak kita bisa mengasah kemampuannya dalam menarasikan ilmu, pengalaman dan perasaannya” urai Sekda melanjutkan.

Berpesan pada Kepala Dinas beserta jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan supaya terus berinovasi dalam menghadirkan layanan perpustakaan yang menarik bagi masyarakat. Disebutkannya, di era digitalisasi, perpustakaan harus bisa menyesuaikan diri dengan menyajikan layanan digital yang kekinian agar minat baca masyarakat semakin meningkat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Padilluk Tahir melaporkan, kegiatan Lomba Bercerita SD/MI tingkat Kabupaten Aceh Tamiang tahun ini diikuti oleh 20 orang siswa/i. Dikatakannya, berbeda dengan tahun sebelumnya, lomba kali ini akan digelar di area terbuka. Dijelaskan Padil, lomba yang digelar berkat dukungan Datok Penghulu Kesehatan yang menjadi mitra kerja strategis pihaknya dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Dalam laporannya tersebut, selain bercerita sambil memaparkan sejumlah penambahan usulan bagi dinasnya, Padil juga meminta Bank Aceh dapat menyalurkan sebagian dana CSR nya untuk peningkatan infrastruktur layanan perpustakaan daerah. Ia menyontohkan seperti Bank Indonesia cabang Lhokseumawe yang telah mendirikan “Pojok BI” di gedung Perpustakaan Daerah Aceh Tamiang.

Pada penutupnya Padil menjelaskan, pengumuman hasil lomba akan disaampaikan saat puncak peringatan HUT RI ke 78 atau pasca upacara Detik-detik Peringatan Proklamasi tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

Tampak hadir, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, sejumlah Kepala SKPK, pimpinan Bank Aceh, Datok Penghulu Bundar, para guru pendamping dan dewan juri.