Aceh Tamiang: Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-78, turut di meriahkan oleh Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan Aceh Tamiang. Dipusatkan di Pondopo Bupati, Dinas ini menggelar lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Selasa (15/08/23).

Membuka giat tersebut, PJ. Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman, mengucapkan terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang membantu berlangsungnya kegiatan tersebut.


Meurah menjelaskan lomba B2SA merupakan salah satu bentuk akselerasi program gerakan memasyarakatkan makanan non beras dan terigu yang dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga nasional.

"Ini merupakan upaya kita untuk mengembangkan minat masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan aneka menu pangan berbasis sumber daya lokal yang ada di sekitar kita yang nantinya akan berdampak langsung terhadap pola konsumsi masyarakat," jelasnya.

Dalam pada ini, Meurah juga meminta kepada ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kecamatan untuk turut menggerakkan para Ibu dibawah binaannya dengan mampu mengolah dan menciptakan menu pangan lokal yang bernuansa Aceh Tamiang melalui beberapa cara pengolahan agar tidak membosankan dan memiliki rasa sesuai yang diinginkan.

" Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan budaya mengkonsumsi aneka ragam pangan di masyarakat yang kenyang tidak harus makan nasi" sebutnya.

Meurah juga berpesan agar ajang lomba ini harus dijadikan sebagai ajang kreasi dan prestasi dengan tetap memperhatikan nilai-nilai sportifitas dan silahturahim.


"Kepada para peserta lomba kami ucapkan selamat mengikuti lomba dengan baik l. Junjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan silahturahim," tuturnya

Sebelumnya, dalam Laporan Ketua Panitia, drh. Asma'i yang juga selaku Kepala Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan drh. Asma'i, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh TP-PKK di 12 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

"Pemenang lomba nantinya akan di diberikan hadiah berupa uang tunai. Untuk juara 1 akan mendapatkan uang Rp 5.000.000, untuk juara 2 mendapatkan kan uang Rp. 4.000.0000 dan juara 3 mendapatkan uang Rp. 3.000.000 serta tersedia hadiah hiburan Sebesar Rp. 600.000," jelasnya.

Selanjutnya pemenang dalam lomba ini akan mengikuti lomba ditingkat Provinsi dan pemenang ditingkat Provinsi akan mengikuti lomba di tingkat nasional.


Hadir dalam kegiatan, Pj. Ketua PKK Aceh Tamiang, Ketua Dharmawanita, Kepala SKPK dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua dan anggota TP-PKK Kecamatan serta tamu undangan lainnya.