Aceh Tamiang – Humas: Dinas Sosial melalui Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin mengadakan Bimbingan Teknis Penerima Manfaat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula SKB Karang Baru, Jum’at (10/05/19) sekira pukul 08.30 WIB. Kegiatan dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM. dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Tamiang M. Alijon, Tim Direktorat Wilayah I Ditjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI, Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin, dan para Camat.

Dalam sambutannya, Rita menjelaskan bahwa penanggulangan kemiskinan merupakan masalah pokok nasional dan menjadi prioritas utama dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Kementerian Sosial sebagai bagian dari lembaga yang berfokus pada program pembangunan kesejahteraan sosial melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan diantaranya melalui program usaha ekonomi produktif Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (UEP KUBE-FM).

Rita menyebutkan, tujuan dari penyelenggaraan KUBE-FM ini salah satunya yaitu mewujudkan kemandirian usaha sosial-ekonomi anggota KUBE dan meningkatkan aksesibilitas keluarga miskin pelayanan utama, fasilitas sosial publik dan sistem jaminan kesejahteraan sosial.

“Saat ini Pemerintah tengah gencar-gencarnya menangani masalah fakir miskin, terlihat dengan Dinas Sosial telah banyak membuat program-program untuk mengentaskan kemiskinan salah satunya UEP KUBE ini dan juga PKH,” terangnya.

Oleh karena itu beliau berharap pihak Pemerintah tetap mengontrol KUBE ini agar program ini dapat berhasil dan berkarya guna dan bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial M. Alijon mengatakan, di mana pada Tahun 2018 Kabupaten Aceh Tamiang menerima bantuan KUBE sebanyak 30 Kelompok terbagi dalam 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Manyak Payed, Karang Baru dan Sekerak dengan sumber bantuan dari Kementerian Sosial RI. Sedangkan untuk tahun 2019 menerima bantuan KUBE sebanyak 60 kelompok terbagi dalam 6 Kecamatan dan masing-masing kelompok mendapat bantuan sebesar Rp. 20.000.000.

Beliau berharap pelaksanaan KUBE ini tidak terbatas hanya membagi-bagikan uang saja, namun dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat berjalan dengan lancar. Kelompok Penerima KUBE ini juga harus dapat bertanggung jawab dalam keberhasilan kelompoknya karena ini tidak terlepas dari evaluasi Pemerintah.
“Ini merupakan kepedulian Pemerintah Daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten aceh Tamiang dengan adanya bantuan-bantuan ini, sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan,” terangnya. [ck]